hilary.jpgKoinsiden saat Jawa Barat sedang memasuki tahapan Pilihan Gubernur, di America sedang hangat-hangatnya masing-masing candidate president dari kedua partai mengumbar program untuk rakyat America. Ampi tertarik dengan statement Hillary seperti ini : “For some people this election is about how you feel, it’s about speeches,” Clinton said. “Well, that’s not what it’s about for me. It’s about solutions. “. Maknanya sangat dalam sekali. Melalui media ini, ampi ingin mengajak baik bagi kubu Da’I, kubu Aman maupun kubu Hade, untuk menyimak ungkapan yang persuasive tersebut tetapi juga mendidik masyarakat untuk berfikir menentukan figure pilihan yang terbaiknya. Ibu Clinton juga menambahkan; “I think we’ve been sharpening the contrast and I think it’s a contrast that needs to be sharpened,” Clinton said. “This is a big decision and I want people to have as much information as possible”. Kitu tah kang Dany, Kang Agum sareng Mas Har.

Kita boleh belajar dari Negara paman Sam yang sudah melaksanakan demokrasi selama 200 tahun, tetapi boleh juga kita himbau Amerika supaya juga boleh belajar dari Indonesia, Pakistan atau Negara lainnya, yang pernah memiliki top figure negaranya dari kaum hawa. Ada persoalan-persoalan yang mendasar di Jawa Barat ini; 1. Soal IPM yang sangat rendah yaitu rating 16 dari 33 provinsi, 2. Soal-soal petani dan Nelayan yang kondisi social ekonominya tidak seimbang dengan potensi alamnya, 3. Soal etos kerja aparatur pemerintahnya, yang syarat dengan KKN, 4. Soal lingkungan hidup yang semakin parah dan berdampak buruk kepada lingkungan wilayah lain. 5. Soal legalitas yang bisa mengkoordinasikan program Provinsi dengan daerah-daerah yang ada di bawahnya. 6. Pemberdayaan potensi-potensi yang ada di masyarakat sebagai asset dan pendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Sebagai provinsi yang terdekat dengan Ibu kota, tentu hal ini harus dapat menangkap berbagai peluang baik bagi pengembangan dunia usaha maupun bagi pembangunan wilayah itu sendiri. Salah satu fenomena baru adalah, seperti Kota Bandung akhir-akhir ini, setiap akhir pekan dipenuhi oleh warga Jakarta yang berkunjung ke Bandung. Jangan hanya sekedar terlukis dalam konsep visi & Misi Jabar saja.

Dalam diskusi ringan dengan tokoh-tokoh Bandung, sebenarnya Pemda Jabar itu seharusnya malu, melihat realita, banyaknya produk-produk import, seperti buah-buahan yang beredar di Jawa Barat. Ironi sekali Jawa Barat yang memiliki kondisi alam yang ideal untuk pengembangan pertanian, sebab matahari kita muncul setiap hari 12 jam selama 12 bulan, harus mengimport buah-buahan dari Negara, yang kadang mataharinya hanya muncul selama 6 atau 7 jam saja setiap harinya. Atau kondisi nelayan kita saat ini, berada pada tatanan social yang paling rendah, karena factor ekonomi mereka, jauh berbeda dengan nelayan Thailand yang memiliki luas wilayah lautnya tidak lebih besar dari Nelayan Jawa Barat.

Dengan penuh harapan  Masyarakat Pemilih Jawa Barat dalam Pilgub April ini, dapat membawa perubahan bagi warga Jawa Barat kedepan  pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Bukan hanya menyoal penggantian aktor-aktor penguasa saja.!! Ingat kata kuncinya adalah ” solution”.

pilgub.jpg