Anwar Khumaini – detikcom

Jakarta – Tokoh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mulai didengung-dengungkan sebagai calon presiden, Hidayat Nurwahid, sangat menyeriusi proses Pilkada Jawa Barat (Pilkada Jabar). Menurut dia, hasil pilkada Jabar akan menjadi gambaran untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009.

Pria kalem yang kini menjadi Ketua MPR ini menyatakan PKS akan terus berikhtiar untuk memenangkan Pilkada Jabar dengan mengusung Ahmad Heryawan-Dede Yusuf (Hade). Pilkada Jabar merupakan Pilkada yang cukup besar, karena penduduk Jabar terbesar ketiga di antara provinsi-provinsi di Indonesia.

Sekitar 28 juta orang menjadi pemilik hak suara dalam Pilkada Jabar. “Karena itu, saya melihat bahwa Pilkada Jabar ini bisa memperlihatkan hasil Pilpres 2009 nanti,” ujar Hidayat saat berkunjung ke kantor redaksi detikcom di Jl. Warung Buncit, Jakarta Selatan, Jumat (4/4/2008) malam bersama Ahmad Heryawan, Walikota Depok Nurmahmudi Ismail, dan Bupati Bekasi Sa’duddin.

Hidayat mengakui saat ini masyarakat sedang berada dalam tingkat apatisme yang tinggi terhadap partai politik, termasuk dalam Pilkada. Namun, menurut dia, PKS akan tetap berusaha dengan mengoptimalkan mesin politik PKS bersama PAN untuk memenangkan Pilkada Jabar.