JAKARTA, RABU – Hari pertama Muktamar Luar Biasa (MLB) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pimpinan KH Abdurrahman Wahid di Parung, Bogor, memunculkan serangan kepada agenda MLB PKB Muhaimin Iskandar.

Plt Ketua Umum Dewan Tanfidz PKB, Ali Masykur Musa, dalam sambutannya menekankan bahwa, MLB PKB yang sah adalah yang sesuai dengan Muktamar Semarang. Dan itu kata Ali mMasykur, adalah MLB yang di bawah kepemimpinan Ketua Dewan Syuro, yakni Gus Dur. “Karena itu, jika ada MLB yang tidak melibatkan Ketua Dewan Syuro, itu adalah ilegal,” ujar Masykur yang disambut tepu tangan ribuan warga ponpes Al Ashriyyah.

Pernyataan serupa juga dilontarkan Ketua Panitia MLB, Effendy Choirie. Gus Choi menyebut bahwa MLB di Parung itu sudah memenuhi AD/ART PKB jika merujuk pada jumlah DPW/DPC yang hadir. Effendy yang juga Ketua FPKB di DPR mengaskan ada 400 DPC dan lebih dari 30 DPW yang hadir.

“Dan itu sudah sesuai dengan Pasal 40 ayat 2 bahwa MLB yang dihadiri 2/3 dari jumlah DPW yang sah adalah sah. Jadi ini satu-satunya MLB yang sah,” ujar Gus Choi. Seperti diketahui, selain MLB yang di Parung, PKB Muhaimin juga menggelar MLB di Hotel Mercure, Ancol pada 2-4 Mei. (had)