JAKARTA, SELASA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pro Abdurrahman Wahid alias Gus Dur akan mengundang secara khusus Muhaimin Iskandar untuk hadir dalam Muktamar Luar Biasa (MLB) yang diselenggarakan di Denpasar, Bali, pada 30 April – 1 Mei mendatang.

“Prinsipnya Mas Muhaimin akan diundang dengan cara yang santun, nanti akan ada utusan khusus dari DPP untuk mengundang, jadi tidak melalui pos,” ujar Ali Masykur Musa, Plt Ketua Umum DPP PKB di sela-sela acara launching website DPP PPKB di kantor DPP PKB Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (22/4).

Ali Masykur yang datang bersama Sekjen PKB Yenny Wahid dan Ketua FPKB Effendy Choirie, mengatakan, tidak menutup kemungkinan para pengurus PKB yang pro Muhaimin yang sudah diberhentikan dari kepengurusan, juga akan diundang.

Hanya, terkait kapan undangan untuk Muhaimin cs akan disampaikan, politisi kelahiran Tulungagung itu menyebut masih akan menunggu selesainya kepanitiaan MLB. Ia mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan materi yang dibawa ke MLB. “Sebetulnya materi itu tunggal, yakni pertanggungjawaban atas pengunduran diri Mas Muhaimin. Kedua adalah menetapkan pengurus yang baru, dalam hal ini ketua umum dewan syura,” sambung Ali Masykur.

Lalu, bilamana Muhaimin akan datang ke MLB di Denpasar? “Forum MLB kita harapkan menjadi forum yang substansial, dan konstitusional. Mas Muhaimin akan kita undang dan tentu kita berikan kesempatan untuk menyampaikan klarifikasi, bahkan mungkin pembelaan diri, yang ending-nya bisa jadi reunifikasi dan sebagainya. Tapi yang pasti, beliau masih dianggap sebagai keluarga besar PKB, karena beliau masih jadi kader PKB,” sambung dia.

Sementara Muhaimin Iskandar dipastikan tidak akan hadir dalam MLB di Denpasar tersebut. Hal itu disampaikan orang dekat Muhaimin, yakni Wakil Sekjen Helmy Faisal Zaini. Helmy menegaskan bahwa pihaknya tidak berpikir MLB di Bali. “Kita hanya mengakui satu MLB di Jakarta,” ujarnya.

Karenanya, Helmy mengajak Ali Masykur Musa dkk untuk menggelar satu MLB saja, yakni pada 2-4 Mei mendatang. “Kita mengajak kawan-kawan yang MLB di Bali untuk satu MLB saja di Jakarta. Kalau di Bali itu kan terlalu jauh dan anggarannya terlalu besar. Daripada di Bali, (dananya-Red) untuk bantu masyarakat lah,” lanjut Helmy.

Kantor DPP PKB Dijaga Ketat

Peluncuran website DPP PPKB sebenarnya tidak terlalu istimewa. Hanya dihadiri sekitar 100-an anggota PKB. Yang istimewa adalah penjagaan ekstra ketat di pintu masuk DPP PKB. Ratusan penjaga yang kebanyakan anggota Garda Bangsa berjaga-jaga sejak di pintu masuk kantor yang terletak di belakang Taman Makam Pahlawan Kalibata itu.

Namun, saat dikonfirmasi mengenai adanya penjagaan khusus itu, Ali Masykur hanya mesem. Ia juga membantah jika petugas itu adalah massa bayaran.

“Penjagaan khusus apa. Kita biasa saja. Kalaupun ada teman-teman Satgas dari Garda Bangsa yah memang tugasnya seperti itu, tidak ada eskalasi penjagaan yang menyeramkan. Kami harus set up sedemikian rupa partai ini agar tetap menarik dan tetap humanis. Kalau orang cinta PKB masa tidak boleh hadir di sekitar sini. Kita melihat mereka loyalis dan cinta pada PKB,” lanjut pria yang sebelumnya menjabat sebagai wakil Muhaimin ini.

Dikatakan Ali Masykur, penjagaan seperti itu rencananya akan terus dilakukan sampai MLB 30 April mendatang.

Saat ditanya apakah penjagaan ketat itu dikarenakan kejadian Sabtu (19/4) saat kubu Muhaimin menggelar jumpa pers di DPP PKB Kalibata, Ali membantahnya. Lalu, apa yang dikhawatirkan PKB pro Gus Dur sehingga melakukan penjagaan ekstra ketat? “Nggak ada yang dikhawatirkan, nggak ada yang perlu didramatisir. Kita hanya mengatur sedemikian rupa agar suasananya lebih kondusif,” sambung dia. (Persda Network/had