JAKARTA, RABU – Perseteruan antara PKB kubu Gus Dur dan PKB Muhaimin Iskandar makin terbuka. Kini, baru sehari PKB Gus Dur menyelenggarakan Muktamar Luar Biasa (MLB), PKB Muhaimin Iskandar atau disapa Cak Imin ini langsung menggugat secara hukum. Gelaran MLB PKB kubu Ketua Umum Dewan Syuro dianggap tak sah, cacat AD/ART. Rencananya, materi gugatan akan dilayangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (2/5).

“Eksistensi MLB yang diselenggarakan di Parung Bogor, kami anggap bermasalah. Tidak sesuai AD/ART partai. Gelaran MLB ini makin menunjukkan, semakin kuat ada sabotase politik terkait pergantian Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum Dewan Tanfidz,” ujar Firman Wijaya, pengacara PKB Kubu Muhaimin Iskandar kepada para wartawan, Rabu (30/4) saat menggelar jumpa pers di Tebet, Jakarta Selatan. .

Firman menjelaskan, dari sisi formalitas MLB (kubu Gus Dur) sudah cacat hukum karena tidak melibatkan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP PKB. Pemecatan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum Dewan Tanfidz melalui pleno juga cacat hukum karena tidak dilakukan melalui forum muktamar atau muktamar luar biasa (MLB).

Sementara itu, Lukman Hakim, salah satu kubu PKB Muhaimin Ikandar menjelaskan beberapa hal terkait penyelenggaraan MLB kubu Gus Dur yang dituding melanggar AD/ART.MLB jelasnya, dianggap melanggar anggaran rumah tangga (ART) PKB Pasal 38 ayat 1 dan Pasal 40 ayat 3.

“MLB sah, apabila dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 jumlah wilayah serta cabang yang sah, karena cabang-cabang yang hadir adalah DPC-DPC yang tidak sah,” klaim Lukman.

Ia juga mengungkapkan, para peserta MLB di Parung Bogor (kubu PKB Gus Dur) yang mengatasnamakan DPC-DPC yang tidak sah karena kepengurusannya bukan berdasar hasil musyawarah cabang sebagai forum permusyawaratan tertinggi. Hal ini diatur dalam anggaran rumah tangga (ART) pasal 54.

“SK DPC-DPC juga tidak sah karena tidak ditandatangani oleh Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP PKB yang sah dan paling berhak mendandatangani SK DPC dan DPW,” tegas Lukman.

Sementara dari MLB PKB kubu Gus Dur, sudah mengerucut tiga nama yang kemungkinan akan menggantikan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP PKB. Ketiganya adalah, Ketua Pelaksana (OC) MLB PKB yang juga menjabat sebagai Ketua DPP PKB dan Ketua FKB DPR Effendy Choirie atau Gus Coi. Kemudian, Pejabat Ketua Umum DPP PKB Ali Masykur Musa serta Sekjen DPP PKB Zannuba Arifah Chafsoh-Yenny.

Rachmat Hidayat