SAMARINDA, JUMAT- Lembaga Survei Kaltim (LSK) mengumumkan hasil surveinya kepada wartawan, di Hotel Grand Victoria Samarinda, Jumat (9/5).

Survei untuk kali kelima ini yang dimulai sejak 2007 hingga awal Mei 2008 ini menghasilkan pasangan Achmad Amins dan Hadi Mulyadi sebagai pasangan paling populer dengan memperoleh 34,8 persen. Di tempat kedua pasangan Awang Farouk Ishak-Farid Wadjdy dengan 29,6 persen, Jusuf SK-Luther Kombong 25,6 persen, dan Nusyirwan Ismail-Heru Bambang 9,9 persen.

LSK juga melakukan survei perorangan. “Jadi selain pasangan, kami survei juga perseorangan, ” kata Andi Ade, Direktur Eksekutif LSK. Andi Ade mengatakan metodologi yang digunakan adalah Multy State Random Sampling.

Untuk kategori ini nama Bupati Kutai Timur Awang Farouk Ishak unggul dengan 74,8 persen. Disusul Amins dengan 69 persen, Jusuf SK 35 persen, dan Nusyirwan 20 persen. Di jajaran calon wakil gubernur, Luther Kombong memimpin dengan 37 persen, Hadi memperoleh 29 persen, sedangkan Farid dan Heru memiliki poin yang sama.
“Pada survei ketiga, pada Maret 2008 pasangan Awang-Farid memang mendapat perolehan poin tertinggi. Tapi untuk April dan Mei, pasangan Amins-Hadi yang menunjukkan tren meningkat. Kenapa? Karena sejak mereka deklarasi perpaduan mereka pas. Apalagi keduanya memiliki konstituen yang tinggi. Sedangkan Awang memang masih unggul secara perseorangan, pasangannya Farid belum bisa memberi kontribusi suara. Sedangkan pasangan Jusuf SK dan Luther Kombong merupakan kuda hitam,” kata Andi Ade. (*)