Penulis : Markus Junianto Sihaloho
JAKARTA–MI: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menghimbau elite politik di parpol untuk memperhatikan etika dan moralitas saat mengkampanyekan diri melalui iklan di media massa. Sportivitas antara sesama politikus harus dijunjung mengingat pemilu 2009 sudah menjelang.

Hal itu disampaikan oleh ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini saat dimintai tanggapan soal maraknya iklan diri sejumlah tokoh politik nasional. Diantaranya iklan kebangkitan nasionalnya ketua umum PAN Sutrisno Bachir dan mantan capres 2004 yang sempat akan diusung partai Golkar Prabowo Subianto.

Menurut Nur Hidayat, para politikus harus mengingat bahwa apa yang mereka lakukan melalui iklan diri tersebut haruslah memberi mafaat yang sebesar-besarnya pada masyarakat.

“Jadi supaya jangan terjadi, mereka berniat baik melalui iklan itu, tapi ditanggapi berbeda oleh elit lain yang tak melakukannya. Itu harus dijaga,” ujar Nur Hidayat saat dihubungi di Jakarta, Rabu (21/5).

Dia melanjutkan karena aturan teknis tentang kampanye pemilu 2009 belum dikeluarkan, sebenarnya sah-sah saja bila elit politik beriklan. Karenanya dia menyilahkan saja iklan diri tersebut dilakukan hingga saat aturan yang mengatur dikeluarkan. “Silahkan saja berkreasi asal tak melanggar aturan, sepanjang tidak bertentangan dengan moralitas dan etika,” tukas dia. (Mjs/OL-03)