Akbar Tandjung menyatakan dirinya siap mengikuti proses pencalonan presiden dalam Pemilu 2009 kepada peserta silaturahmi alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lampung di Bandar Lampung, Lampung (24/5).

Akbar menyatakan hal tersebut ketika menghadapi pertanyaan seorang kader HMI. Dalam pertanyaannya kader dari HMI Lampung Tengah tersebut mempertanyakan kesiapan Akbar untuk maju sebagai calon presiden dalam Pemilu 2009.

“Saya mohon Kakanda Akbar mau menjawab pertanyaan ini agar kami (kader HMI –red.) dapat tidur nyenyak malam ini: apakah Kakanda Akbar siap maju dalam Pemilu 2009?” tanyanya.

Tentu saja jawaban Akbar yang menunjukkan siyalemen positif tersebut disambut dengan gegap gempita oleh kader-kader HMI yang memenuhi tempat pertemuan tersebut. Akbar juga menjelaskan mekanisme pencalonan yang akan ditempuhnya melalui Konvensi Partai Golkar.

“Namun hingga saat ini belum ada kepastian apakah Partai Golkar akan tetap melaksanakan mekanisme rekrutmen pemimpin nasional melalui konvensi. Jika tidak memungkinkan, saya akan cari peluang lewat mekanisme partai lain,” jelas Akbar.

“Semoga jawaban saya tadi bisa membuat adik-adik HMI sekalian tidur dengan nyenyak malam ini,” lanjut Akbar sambil disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

Menyanyi Bersama Kader Diklat HMI

Keesokkan harinya, Akbar masih menyempatkan diri menemui kader-kader HMI Lampung Komisariat Tarbiyah yang sedang mengikuti pendidikan latihan dasar di Gedung Paskasarjana IAIN walaupun dalam keadaan tergesa-gesa mengejar pesawat di bandara.

Bersama kader-kader HMI Akbar sempat meminta para peserta untuk menyanyikan lagu Mars HMI dan Hymne HMI. Akbar juga tak lupa menyemangati para kader dengan kembali mengingatkan nilai-nilai dasar yang dianut HMI.

“Sebagai organisasi kader HMI harus mampu melatih calon pemimpin masa depan tanpa melupakan nilai-nilai dasar yang dianut HMI, yaitu nilai keislaman, nilai keindonesiaan, dan ilmu pengetahuan,” ujar Akbar.

(ribosa)