SERANG, SENIN- Dari 11 pasang calon perseorangan yang sempat mengambil formulir untuk penclonan Walikota/Wakil Walikota Serang, Banten, hanya lima pasang calon yang akhirnya mengembalikan berkas dukungan dari warga ke KPUD Kabupaten Serang. Enam pasangan lainnya mengundurkan diri.

“Pasangan calon perseorangan yang mengembalikan berkas dukungan hingga hari terakhir kemarin (Minggu 25/5) hanya lima pasang, sedangkan pasangan lainnya yang sudah mengambil berkas dianggap mengundurkan diri,” kata ketua pokja pencalonan KPUD Serang, Aslach , di Serang, Senin (26/5).

Salah seorang calon perseorangan yang menyatakan mengundurkan diri Anizir Ali Murad. Menurut dia, alasan pengunduran dirinya yang berpasangan dengan M Hamdan adalah karena tidak terpenuhinya ketentuan pernyataan dukungan dari masyarakat sebanyak 20.140 tanda-tangan dan KTP.

“Kami merasa berat untuk mengumpulkan tanda-tangan dan KTP sebanyak itu, jadi memilih mundur dan akan berkoalisi untuk mendukung salah satu pasangan calon,” katanya.

Ada pun lima pasangan calon yang tadi siang menyerahkan berkas dukungan warga dengan bukti tanda tangan dan KTP atau Kartu Keluarga itu, adalah pasangan Pandji Tirtayasa-Tb Ali Rochaman, Tb Edi Mulyadi-Rizal Firdaus, Busro Amir-Agus Djasir, Aliyudin-Ratu Raudlatul Jannah, dan Siti Aisyah Sukarno Putri-Mulya Rahayu Sidik.

Menurut Alsach, lima pasangan calon perseorangan itu sudah menyerahkan berkas dukungan masyarakat dengan jumlah yang bervariasi, dan rata-rata melebihi ketentuan, yakni sekitar 25.000 sampai 28.000 tanda tangan dukungan masyarakat. Sementara syarat yang diperlukan 20.140 orang.

Berkas dukungan warga kepada calon perseorangan itu diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), selanjutnya ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk diverifikasi selama 21 hari. Jika berkas dukungan tersebut sudah sesuai dengan kondisi di lapangan, yakni 20.140 orang warga serta persyaratan lainnya sudah lengkap, maka mereka dinyatakan lolos verifikasi dan diterima sah menjadi calon Walikota dan wakil Walikota Serang dari jalur perseorangan.

Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Serang akan diselenggarakan pada 30 Agustus 2008. Selain lima pasang calon perseorangan tadi, ada juga lima pasang calon yang diusung partai politik.