Penulis : Agus Utantoro
YOGYAKARTA–MI: Anggota Dewan Penasihat Partai Golkar Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan, sangat dimungkinkan untuk digelar musyawarah nasional luar biasa (munaslub) Partai Golkar.

Sebab, AD/ART Partai Golkar memberi kesempatan penggelaran munaslub jika ada alasan yang kuat dan sesuai dengan aturan partai. “Memang dimungkinkan untuk menggelar munaslub. Tinggal syaratnya saja dipenuhi atau tidak,” katanya di Yogyakarta, Sabtu (28/6).

Ia mengakui tidak mudah untuk menggelar munaslub sebab selain harus didukung oleh sejumlah DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Partai Golkar, argumentasi pelaksanaan munaslub pun harus masuk akal dan penting. Jika yang dijadikan alasan karena kekalahan partai ini dalam beberapa pilkada, dianggap masih belum cukup.

“Kalau yang dijadikan dasar adalah kekalahan dalam beberapa pilkada, ya seharusnya ada evaluasi dulu sebelum ada munaslub,” ujarnya. Sri Sultan mengaku kurang yakin dengan menggelar munaslub akan mampu menjawab persoalan yang tengah dihadapi partai itu, utamanya kekalahan di berbagai pilkada. Terlebih lagi, imbuhnya, yang berkembang selanjutnya adalah upaya melengserkan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla. (AU/OL-2)

Advertisements