Didi Syafirdi – detikNews, Dikhy Sasra/detikcom.
Jakarta – Peluang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menang pada Pilpres 2009 masih tinggi. Tapi ada tiga capres yang berpeluang menjadi pesaing berat SBY. Siapa saja mereka?

Menurut pengamat politik Sukardi Rinakit, SBY akan menghadapi persaingan yang sengit dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, dan Sri Sultan HB X.

“Pemilihan presiden masih sengit,” ujarnya usai peluncuran buku “Merebut Mimpi Bangsa” karya M Yudie Haryono dan Iwan Dwi Laksono di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (15/7/2008).

Sukardi mengungkapkan, keunggulan masing-masing tokoh yang menjadi pesaing kuat SBY. Megawati, katanya, mempunyai partai besar dan nasionalis. Sri Sultan merupakan figur kewibawaan tradisional dan karakternya dapat menjadi sandaran rakyat. Sedangkan Wiranto adalah sosok yang mempuyai karakter tegas.

“Bila muncul wajah-wajah alternatif dan dikapitalisir oleh partai itu akan berbahaya. Contohnya Sri Sultan. Kalau dikapitalisir oleh partai, itu sudah menjadi ancaman bagi SBY,” pungkas Sukardi.