Penulis : Hillarius U Gani
JAKARTA–MI: Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta yang tergabung dalam komunitas ‘South Jakarta 51’ menyatakan bergabung dan akan ikut memenangkan Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) dalam Pemilu 2009.

Dalam deklarasi resminya di kantor Pimpinan Kolektif Nasional (PKN) PDP di Jl Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Kamis (17/7), juru bicara komunitas itu, Johan mengatakan mereka siap mendukung partai itu di Pemilu 2009. “Kami berharap PDP dapat menjalankan pembaruan demokrasi di Indonesia untuk rakyat,” ujar mahasiswa Atmajaya Jakarta itu.

Johan juga menyatakan bahwa demokrasi saat ini tidak hanya butuh perjuangan tapi juga membutuhkan pembaruan. Komunitas ‘South Jakarta 51’ merupakan sekelompok remaja yang berdomisili di kawasan Jaksel dan mempunyai hobi berkendara dengan menggunakan kendaraan mobil dan motor. Saat ini komunitas itu beranggotakan sekitar 500-an orang.

Sebagai simbol bergabungnya ‘South Jakarta 51’, sejumlah pimpinan PDP, diantaranya Roy BB Janis, Noviantika Nasution, dan Sukowaluyo, menempelkan stiker berlambang PDP pada sejumlah kendaraan bermotor yang sering digunakan komunitas itu.

Sementara itu, bendahara Pimpinan Kolektif Nasional (PKN) Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) Noviantika Nasution mengatakan, para pemuda itu datang ke PDP karena ada kesamaan visi untuk melakukan perubahan di Indonesia.

“Keterpurukan yang terjadi saat ini membutuhkan peran pemuda yang jumlahnya sangat signifikan dalam struktur penduduk Indonesia, dan PDP tentunya menyambut baik keinginan mereka untuk bergabung,” ujarnya.

Dikatakannya, PDP didirikan antara lain untuk menampung aspirasi kaum muda yang menghendaki perubahan bangsa ini. “Kami dirikan partai ini untuk mereka, untuk perubahan. Buat apa kita capai-capai membangun demokrasi jika tidak ada perhatian sekaligus porsi untuk generasi muda,” katanya.

Karena itu, ia menambahkan, kalau pemuda sudah tergerak melakukan perubahan, maka PDP juga siap untuk memperjuangkan aspirasi mereka.

Pada bagian lain, Noviantika menyatakan saat ini PDP sudah punya dua juta orang yang memenuhi struktur partai dari pusat hingga RT/RW di seluruh Indonesia dan mereka seluruhnya punya kartu tanda anggota. “Jadi kalau ditambah lagi dengan simpatisan, maka jumlahnya akan lebih banyak lagi,” ucapnya optimistis. (Hil/OL-03)