JAKARTA–MI: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengembalikan seluruh pendaftaran caleg formulir B dan BA kepada 38 parpol nasional peserta Pemilu 2009. Tak satu pun parpol yang lengkap formulirnya, sehingga mereka harus memperbaiki dulu.

Parpol diberikan kesempatan untuk memperbaiki daftar caleg hingga Selasa (26/8). Penyerahan hasil perbaikan paling lambat pukul 16.00 Wib.

“KPU mengembalikan formulir pendaftaran caleg kepada seluruh parpol peserta pemilu. Mulai besok mereka sudah bisa mengambil formulir pendaftaran caleg tersebut di KPU. Batas terakhir pengembalian formulir itu pada Selasa pukul 16.00 Wib,” kata anggota KPU juga Ketua Pokja Pencalonan DPR dan DPRD Endang Sulastri di Kantor KPU, Jakarta, Jumat malam (22/8).

Apakah pendaftaran caleg yang berakhir 19 Agustus itu hanya setor muka? “Tidak. Memang sesuai Peraturan KPU, formulir pendaftaran caleg harus dikembalikan untuk perbaikan. Jadi sekarang kami kembalikan untuk diperbaiki,” katanya.

Jumat malam parpol datang ke KPU menerima hasil verifikasi administrasi formulir B dan BA. Hasil verifikasi itu terdiri dari dua lembar yang memuat kesalahan dan koreksi daftar caleg total dan caleg per daerah pemilihan. Ditemukan sejumlah kesalahan yakni berbeda jumlah caleg pada fomulir B dengan jumlah caleg di formulir BA.

KPU juga menemukan ketidaklengkapan daftar caleg antara lain tidak memenuhi kuota 30% perempuan, nama caleg tak disertai foro dan alamat, dan persentase caleg per daerah pemilihan.

“Hasil verifikasi ini menjadi bahan bagi parpol untuk memperbaiki daftar caleg formulir B dan BA. Apabila parpol sudah memperbaikinya dan mengembalikannya Selasa nanti, KPU baru melanjutkan verifikasi factual,” katanya.

KPU mencatat total caleg yang diajukan 38 parpol sebanyak 11.888 caleg. Sebanyak 33% atau 3.929 orang di antaranya caleg perempuan. (KN/OL-01)