BANDAR LAMPUNG, RABU-Hasil hitung cepat (quick count) pemungutan suara untuk pemilu gubernur (pilgub) Lampung tahun 2008 dapat diketahui mulai siang dan petang hari ini.

Informasi diperoleh, sedikitnya empat lembaga survei independen telah berkoordinasi dengan KPUD setempat, untuk melaksanakan hitung cepat itu. Lembaga survei/riset itu adalah Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Lembaga Survei Indonesia (LSI), dan Jaringan Informasi Publik (JIP), Rakata Institute, dan Pusat Kajian Kebijakan, dan Pembangunan Strategis (Puskaptis).

Ke-4 lembaga itu, termasuk di antaranya bekerja sama dengan Metro TV akan menyiarkan secara langsung hasil hitung cepat pilgub Lampung itu, dan secara kontinu siap merilis hasil survei hitung cepat mereka sejak pukul 13.00 WIB hingga petang dan malam hari ini.

Sementara di luar lembaga itu, sejumlah calon di antaranya didukung partai politik pengusung maupun tim pemenangannya, juga melakukan penghitungan cepat untuk kepentingan internal dan data pembanding perolehan suara mereka masing-masing. “Ya, kami secara internal juga melakukan penghitungan hasil pencoblosan itu,” kata salah satu calon wagub dari koalisi PKS-PAN Akhmadi Sumaryanto yang berpasangan dengan calon gubernur Zulkifli Anwar.

Beberapa parpol dan calon lain juga melakukan penghitungan cepat secara internal. Tujuh pasangan calon gubernur Lampung itu, dua pasangan calon independen dan lima pasangan calon parpol/koalisi parpol. Tiga pasangan calon diunggulkan menang satu putaran atau dua pasangan, di antaranya akan maju ke putaran dua, dengan salah satu calon lain dari perseorangan diprediksi sebagai “kuda hitam” akan maju ke putaran kedua.