Laporan Wartawan Kompas Suhartono

JAKARTA, KAMIS – Ketua Umum DPP Partai Golkar Muhammad Jusuf Kalla, akan memimpin rapat pimpinan harian DPP Partai Golkar Jumat (19/9) besok, di Gedung DPP Golkar Slipi , Jakarta Barat. Rapim akan mengagendakan perkembangan terakhir gerakan ekstrakontitusional internal Partai Golkar dan pemberian sanksi teguran terhadap Ketua DPD tingkat I Gorontalo Fadel Muhammad.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gorontalo M Adhan Dambea yang juga Walikota Gorontalo, kepada pers Kamis (18/9) siang ini di sebuah hotel di Senayan, Jakarta. Adhan didampingi oleh lima Ketua DPD tingkat II se provinsi Gorontalo.

“Semalam kami bertemu dengan Ketua Umum (Jusuf Kalla) di kediaman, beliau menjelaskan duduk soalnya perihal pencoretan Fadel Muhammad sebagai caleg nomor satu Gorontalo. Kita juga mendiskusikan gerakan yang tergolong ekstrakonstitusional dari internal Partai Golkar yang akan menggelar musywararah nasional luar biasa (munaslub) partai Golkar yang kita nilai inkonstitusional,” ujar Adhan.

Menurut Adhan, sebagai ketua Umum DPP Partai Golkar, Jusuf Kalla juga akan memimpin rapat harian besok yang akan memberi teguran terhadap Fadel. “Tindakan Fadel Muhammad yang melakukan manuver untuk menggelar munaslub, menggelindingkan isu konvensi calon presiden Partai Golkar dan menggagas pertemuan Golkar Sejati sudah dinilai gerakan yang membahayakan Partai Golkar. Oleh karena itu harus ada tindakan terhadap Fadel Muhammad,” ujarnya.

Adhan menambahkan jika Fadel resmi diberi sanksi oleh DPP dan juga Fadel membekukan DPD Gorontalo, pihaknya akan segera menggelar musyawarah daerah luar biasa. Saat ditanya apa yang mendorong Fadel melakukan manuver, Adhan menjelaskan Fadel dimanfaatkan oleh anasir di luar sistem Golkar dan orang-orang yang sakit hati.