Penulis : Mahfud
JAKARTA–MI: Partai Gerindra yakin menggaet swing voters atau masa mengambang dalam Pemilu 2009 dengan serangkaian kampanye dan iklan sampai masa pencoblosan.

“Langkah yang kita lakukan terbukti efektif untuk menjaring swing voters,” kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Jakarta, Senin (17/11).

Muzani mengaku sebagai partai baru, mau tidak mau harus menjaring masa mengambang. Pasalnya masa tradisional akan lebih sulit beralih ke partai baru. Meski membidik massa mengambang, Muzani menyatakan peluang partainya memenangkan Pemilu tetap besar.

Ia yakin masa mengambang jumlahnya makin besar seiring menyusut masa tradisional. “Apalagi jumlah pemilih pemula cukup besar sesuai postur demografi Indonesia,” tutur Muzani.

Namun Muzani menegaskan kemungkinan pemilih tradisional berpindah partai juga cukup besar. Apalagi jika mereka kecewa dengan pencapaian partai-partai lama. Menurutnya, mengacu pencapaian Pemilu 2009, sejumlah partai baru seperti Partai Demokrat mampu mendulang suara cukup signifikan. Muzani yakin Gerindra mampu melebihi pencapaian Demokrat di musim pertamanya mengikuti Pemilu.

Terkait koalisi, Muzani menyatakan dengan sistem politik saat ini, mau tidak mau harus dilakukan. Dengan jumlah partai yang mencapai 38, diprediksi tidak ada satupun partai yang meraih suara mayoritas. (Fud/OL-06)