dsc018981• Serangkaian pertemuan telah diadakan oleh Forum Bandung, dalam pertemuannya terakhir tanggal 26-27 Desember 2008, Forum berpendapat bahwa bangsa Indonesia tengah berada dalam keadaan yang sangat kritis karena ketidakpastian yang sangat besar di tahun 2009 dalam masalah ketatanegaraan, masalah politik, ekonomi, budaya berbangsa, dan ancaman krisis finansial global.

• Oleh karena itu Forum mengharapkan adanya pemilu yang tidak hanya menghamburkan dana besar semata, namun pemilu yang dapat menghasilkan pemerintahan dan kepemimpinan yang kuat, visioner, transformatif, dan tidak permisif. Bangsa Indonesia mendambakan munculnya pemimpin yang dapat memecahkan masalah politik dan ekonomi di tahun-tahun mendatang.

• Untuk masa masa selanjutnya Kami mengajak segenap potensi bangsa untuk mempersiapkan sistem kenegaraan yang berdaulat dalam politik, mandiri dalam ekonomi dan berkepribadian dalam berbudaya.

Bandung, 27 Desember 2008.

Penandatangan.
Prof. Dr. Sudjana Sapiie; Prof. Dr. Bambang Hidayat; Prof. Dr. M.T. Zen; Prof. Dr. Arief Sidharta; Prof. Dr. Idrus Affandi; Drs. Suharsono Sagir; Ir. Cecep Rukmana; Prof. Dr. Gede Raka; Prof. Dr. Frans Mardi Hartanto; Prof. Dr. Sahari Besari; Prof. Dr. Imam Buchori; Dedy Widjaja; Darmawan Hardjakusumah SH, Not. (Acil Bimbo); Hj. Yuyu Udin; Drs. Ali Syarief, MBA; D. Sumarna; Djadja Subagdja Husein; Musadad R Said,Hendarmin Ranadireksa.