JAKARTA–MI: Tren dukungan terhadap pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono dari waktu ke waktu terus menurun, sementara saingannya yakni pasangan Jusuf Kalla-Wiranto dan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto terus merangsek naik.

Itu mengemuka dalam diskusi mengenai hasil survei yang dilakukan oleh Soegeng Sarjadi Syndicate di Jakarta, Sabtu (13/6). Survei dilakukan pada tanggal 5-9 Juni 2009 di 33 provinsi di seluruh Indonesia mencakup 137 kabupaten/kota. Penarikan sampel wilayah dilakukan secara stratified random sampling sedangkan penarikan responden dilakukan dengan simple random sampling.

Survei yang dilakukan dengan metode wawancara tatap muka terhadap 2.496 responden ini merekam bahwa jika pilpres dilaksanakan saat survei ini, pasangan SBY-Boediono mendapat dukungan publik sebesar 52,5 persen. Sementara pasangan Megawati-Prabowo mendapat dukungan 24,4 persen dan JK-Wiranto memperoleh 20,2 persen.

Koordinator survei, Toto Sugiarto mengatakan, jika dibandingkan dengan berbagai hasil survei dari sejumlah lembaga survei nasional pasangan SBY-Boediono memang mengalami penurunan dibandingkan tingkat elektabilitasnya sebelum pemilu legislatif. (MP/OL-04)