By Ali Syarief

SBY, walau masih berpeluang besar untuk Capres di Pilpres 2014 nanti, karena UUD, tdk mungkin lagi beliau dapat dipilih kembali untuk yang ketiga kalinya. Lantas pertanyaan kita, siapa pengganti beliau dalam Pilpres 2014 nanti?. Sudah barangtentu para pemegang saham, alias  partai-partai sedang hiruk pikuk  berbenah mengelus elus jagoannya. Tapi siapapun ex partai yang akan tampil di arena Pilpres 2014, nampakanya masih akan dihiasi oleh muka muka lama. Dan ini menurut hemat saya, disamping tdk menarik,  juga akan bisa menimbulkan masalah kemudian.!!.Karena figure yg penuh dengan kontroversial.

Ada dua sosok figure yang paling menarik untuk 2014, buat saya, yaitu Ibu Ani Yudoyono dan Ibu Sri Mulyani. Mengapa menarik? Ibu Ani tidak akan kalah popular oleh calon-calon dari ex- partai lain. Ia disamping tetap dalam bayang bayang SBY sehingga tetap populous, dukungan koalisi partai, bisa mendongkrat political supportnya. Ini modal utama.

Lain cerita kalau Ibu Sri Mulyani bersedia untuk tarung di arena 2014. Ini akan menjadi topik yang sangat menarik, dan menjadi sejarah babak baru dalam percaturan politik Indonesia. Bukan karena ia sosok intellectual yg sangat mumpunin dalam bidangnya, penghianatan kepada karirnya, akan memicu dukungan rakyat kepada dirinya  seperti kasus SBY dahulu yang di dhalimi oleh PDI-P. Tatapi kehadirannya di arena kandidat, berdasarkan hitungan, akan sama nasibnya seperti Obama waktu kampanye dahulu. Ia di elu elukan dan menjadi bola salju dalam dukungan rakyat.

Siapa pasangan yg ideal sebagai wapresnya Sri Mulyani? Bagaimana kalau Marty Natalegawa! Sosok muda yg elegan/low profile dan popularitasnya mendunia!.

Nama nama lain yang sulit untuk mendapat dukungan suara rakyat, seperti Abu Rizal Bakrie, karena berbagai masalah yg kita tahu semua. Probowo juga punya melekat pada dirinya problem sendiri yg membuat rakyat tdk simpatik. Mahfud MD, ia menarik untuk kalangan terbatas.