Memang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia tetap bagus, diatas rata-rata 6%. Dan itulah yang di claimed oleh Pemerintah SBY, sebagai prestasinya di bidang perekonomian. Padahal kita mencatat, sejak jaman Bung Karno, begitu juga jaman Pak Harto, Gudsur hingga Megawati, ekonomi kita tumbuh konstan di atas 6% peranum. Jadi kita patut mempertanyakan, benarkan pertumbuhan itu adalah produk dari kebijakan Pemerintah? Ekonom kita Faisal Basri, pernah mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi kita, tanpa sedikitpun adanya campur tangan dari pemerintah. Dia Kataan sebagai sesuatu yg “miracle”. Tetapi saya lebih senang itu sebut sebagai “natural growth”.

Kemudian pertanyaan yang berkaitan dengan judul tulisan ini adalah sbb :

1. Percayakah anda kepada lembaga Kepresidenan?

2. Percayakah anda kepada lembaga Politik?

3. Percayakah anda kepada birokrat?

4. Percayakah anda kepada lembaga penagak Hukum?

Bila jawab itu semua “tidak”, maka nagara dalam kedaan gawat.

Lantas, siapa yang harus melakukan koreksi terhadap semua ini? Adalah mereka yang tidak memiliki kepentingan dengan kekuasaan, yang memilki nurani untuk Indonesia kedepan lebih maju, yang memiliki visi bangsa kedepan yang benar.

Forum Bandung, yaitu sekelompok cendekiawan Bandung, sedang memulai gerakan moral dan tekanan kepada pihak yang terkait, untuk kemajuan bangsa dan negara yang lebih baik