AMPI adalah organisasi kemasyarakatan yang independent, didirikan dihadapan Notaris  Cahya Suryana-Notaris Kota Bandung dengan akta  no.6/2008, tanggal 17 Maret 2008 bertugas untuk melakukan:

ALIANSI MASYARAKAT PEMILIH INDONESIA

Latar Belakang

Memelihara semangat Reformasi dan Demokratisasi saat ini adalah suatu keharusan dan keniscayaan yang harus diarahkan demi kejayaan bangsa Indonesia dan demi menyelamatkan ajegnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perubahan perundangan terutama dalam bidang politik, seperti UU Pemilu, UU Capres, dan UU yang berkaitan lainnya, telah diimplementasikan dan telah merubah paradigma sikap seluruh bangsa ini, sehingga terasa perubahan dimana-mana secara cepat sekali. Namun demikian, bangsa Indonesia, pada suatu sisi memiliki kebebasan yang seluas-luasnya dalam menyampaikan aspirasi politiknya, tetapi disisi lain, masih terasa adanya sekelopmpok masyarakat yang belum siap menerima kebebasan dan demokratisasi ini. Dalam kata lain kebebasan disatu sisi, tidak dibarengi dengan kesiapan masyarakatnya itu sendiri, karena pendidikan politik dimasyarakat tidak diimabangi dengan kemajuan perundangan itu sendiri.
Banyaknya partai-partai peserta Pemilu, muncul-munculnya figure-figure baru dalam bidang perpolitikan, telah menjadikan situasi menjadi kurang kondusif, sehingga masyarakatlah yang kemudian menjadi korban dari kebebasan itu sendiri.
Dalam menyikapi masalah itu pulalah, Aliansi Masyarakat Pemilih Indonesia (AMPI), berdiri untuk antara lain melaksanakan tugas :
1. Pendididkan Politik kepada Masyarakat, sehingga tumbuh kesadaran bagi setiap individu untuk memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara;

2. Membuka akses informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat mengenai Platform Partai, Program Partai, Para Calon baik untuk Legislatif maupun Eksekutif, sehingga masyarakat pemilih Indonesia dapat menenetukan pilihannya sesuai dengan pemahaman dan hati nuraninya secara tepat.

3. Meningkatkan harkat dan martabat masyarakat pemilih Indonesia, sehingga suara yang diberikan baik kepada para calon Legislative ataupun para calon Eksekutif, dapat memberikan nilai yang strategis, demi kelangsungan dan kemajuan serta kemaslahatan bangsa dan Negara RI.

Tujuan
Aliansi Masyarakat Pemilih Indonesia (AMPI), betujuan sebagai peran serta aktif masyakarat dalam turut serta mensukseskan penyelenggaran setiap Pemilihan Umum, Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Presiden, diseluruh wilayah Negara Kesatuan RI.
Aliansi Masyarakat Pemilih Indonesia (AMPI), bertujuan untuk membantu masyakarat memahami hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Aliansi Masyarakat Pemilih Indonesia (AMPI), bertujuan untuk pencerahan kepada Masyakarat bahwa Pemilu, Pilkada dan Pilpres adalah sarana untuk mentukan perubahan kedepan kearah yang lebih baik.
Azas
Pancasila
Sifat
Independen
Program Kerja
Melakukan Pendidilan dan komunikasi Politik kepada Masyarakat Pemilih Indonesia
Wilayah Kerja
Diseluruh wilayah Negara kesatuan Indonesia

Pembina/Penasehat
Kol.Inf.Purn. H. Sani Lupias Abdurachman
H.D.Sutisno
Ir. H. Hendarmin Ranadireksa
TB. Bhakti Sudjana, SH

Pengurus.
1. Ketua : Drs. Ali Syarief, MBA
2. Sekretaris : Drs. Musadad R Sa’id, MBA
3. Bendahara : Tedy Sugiharto
4. Anggota : H. Iwan Supriawan, SH
Drs. R. Moh. Fallah
Martin B. Chandra
Addy Kurniadi

Koordinator Aliansi Jawa Timur :
Mohamad Nadhir
Koodinator Aliansi Jawa Tengah
………………………………
Koordinator Aliansi Jakarta
Sonny Nataksumah,SH
Koordinator Aliansi Sulawesi Tenggara
DR. Yaninalayapraya
Koordinator Aliansi Lampung
Drs. Syarief Makhya, Msi
Koordinator Aliansi Riau
Zafrinaldi
Koordinator Aliansi Medan
Ir.H.Iwan Subrata
Koordinator Aliansi NTB
Gilang
Koordinator Aliansi Bali
I Made Sana
Koordinator Aliansi Sulawesi Utara
Sicilia S.Gerungan
Koordinator Aliansi Banten
Sonny Asgar

Koordinator Papua

Walhamri Wahid
Pemred Tabloid SUARA PAPUA
Mailto : alisa@bdg.centrin.net.id